Teknik Sablon Kaos Raster Separasi CMYK dan Spot Color

Teknik Sablon Kaos Raster Separasi CMYK dan Spot Color. Jenis-jenis teknik sablon kaos separasi dan kekurangan serta kelebihannya.
Teknik Sablon Kaos Raster Separasi CMYK dan Spot Color - Meskipun makin banyaknya teknologi canggih peralatan sablon kaos yaitu alat sablon seperti digital printing atau alat sablon kaos printing, namun keberadaan sablon manual tetap tidak terpengaruh. Hal itu dikarenakan Teknik sablon kaos manua mempunyai kelebihan daripada sablon kaos digital.


Teknik Sablon Kaos Raster Separasi CMYK dan Spot Color


Meskipun hasil kaos sablon manual tidak sebagus sablon kaos digital, namun kualitas atau keawetan warna, ketahanan waktu di cuci dan ketahanan warna terhadap sinar matahari jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil sablon kaos digital printing.

Meskipun dengan teknik manual, teknik sablon kaos manual ini dapat menghasilkan sablonan yang mirip dengan hasil digital printing?

Misalnya gambar sablon berupa foto wajah, pemandangan, dan lain-lain masih dapat dilakukan dengan teknik Separasi.

Jenis-jenis Teknik Sablon Kaos Separasi


Teknik Separasi yang dipakai untuk dalam sablon kaos ada 2 jenis, yaitu separasi spot color dan separasi CMYK.


1. Teknik Sablon Kaos Separasi Spot Color


Teknik sablon kaos separasi spot color adalah teknik cetak sablon kaos raster yang mengutamakan ketepatan warna dalam sisi pengerjaannya. Dengan teknik ini bisa saja memerlukan elemen warna yang banyak hingga menyerupai hasil desain gambar.


Kekurangan Teknik Sablon Kaos Separasi Spot Color :


  • Memerlukan warna yang bayak sehingga memerlukan jumlah screen sablon yang banyak juga.
  • Jumlah warna cat sablon dipakai  sangat banyak  sehinnga membutuhkan warna tinta yang banyak.
  • Memakan waktu lama dalam proses sablon daripada teknik separasi CMYK.
  • Pemilihan dan pembuatan warna tinta lebih sulit karena dalam pembentukkan warna dibagi menjadi spot (warna presisi) dan sparasi dengan warna yang digunakan.



Kelebihan Teknik Sablon Kaos Separasi Spot Color :


  • Tidak diperlukan teknik penyesuaian sudut (angle) saat setting film desain gambar.
  • Warna lebih presisi daripada teknik sparasi CMYK.
  • Hasil lebih bagus daripada teknik separasi CMYK.



2. Teknik Sablon Kaos Separasi CMYK


Teknik sablon kaos Separasi CMYK adalah teknik cetak atau sablon kaos dengan cara penggabungan penggabungan warna-warna proses (Prosess Color) yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan Black (K) yang sering disebut disebut dengan warna CMYK.

Perpaduan (kombinasi/percampuran) dari keempat warna tersebutlah dapat dihasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu gambar yang utuh (full color).

Teknik sablon kaos separasi CMYK lebih mengutamakan nilai ekonomis namun tidak banyak mengorbankan kualitas sablon kaos itu sendiri. Warna yang dihasilkan teknik ini juga cukup baik apabila menggunakan sudut (angle) yang tepat.

Sudut (Angle) Raster Separasi CMYK :


  • C=15, M=45, Y=0, K=75 ( sudut raster ini digunakan untuk proses sablon dominan warna coklat, sudut raster  ini tepat untuk digunakan dalam pembentukan warna kulit).
  • C=45, M=75, Y=0, K=15 ( sudut raster ini digunakan untuk proses sablon dengan dominan warna hijau. Sudut raster ini cocok digunakan untuk pembentukan warna alam, hutan, dll ).
  • C=75, M=0, Y45, K=15 (sudut raster ini digunakan untuk proses sablon dengan dominan warna orange, sudut ini lebih tepat digunakan dalam pembuatan gambar api ).

Kelebihan Teknik Sablon Kaos Separasi CMYK :




  • Biasanya hanya membutuhkan 5 warna saja ( Warna CMYK ditambah warna putih jika proses sablon dilakukan pada bahan kaos berwarna gelap)
  • Proses pengerjaan sablon lebih singkat daripada menggunakan teknik sablon kaos separasi spot color.
  • Biaya yang dibutukan dalam dalam proses sablon kaos menggunakan teknik ini lebih sedikit. Hal itu dikarenakan Jumlah warna dan dan screen sablon lebih sedikit daripada tenik spot color.